2021/11/12

Beberapa Suku yang Ada di Sumatera Selatan

Indonesia merupakan Negara dengan keberagaman Suku yang cukup berlimpah, salah satunya di Sumatera Selatan.

Suku yang ada di Sumatera Selatan



Sumatera Selatan yang merupakan salah satu provinsi tertua di Indonesia pun memiliki banyak keberagaman suku, dari berbagai suku di Sumatera Selatan akan kami bagikan beberapa suku yang cukup terkenal di Sumatera Selatan. 


1. Suku Semendo 


Suku Semendo merupakan sebuah suku yang bermukim di daerah kecamatan Semendo, Kabupaten Muara Enim. Suku ini memiliki banyak cerita salah satunya merupakan suku yang berasal dari Banten lalu merantau dan menetap di Semendo.


2. Suku Palembang


Suku Palembang adalah suku yang berasal dari Ibukota Sumatera Selatan yaitu Kota Palembang. Suku Palembang dibagi menjadi dua yaitu wong Jero dan wong Jabo yang mana Wong Jero adalah keturunan bangsawan, sedangkan Wong Jabo adalah keturunan rakyat biasa. Suku Palembang biasanya menempati Rumah di atas air di sekitaran aliran Sungai Musi.


3. Suku Gumai


Suku Gumai merupakan suku yang berada di teritorial Gumai yang merupakan daerah sebelum adanya Kabupaten Lahat. Setelah adanya Kabupaten Lahat, Gumai pun menjadi terpisah dimana Gumai Lembak dan Gumai Ulu menjadi bagian dari kecamatan Pulau Pinang sedangkan Gumai Talang menjadi bagian dari Kecamatan Kota Lahat.


4. Suku Komering


Suku Komering merupakan suku terbesar di Sumatera Selatan bahkan karena identik dengan suku perantau, Beberapa bahkan menetap di daerah Lampung. Suku ini menempati aliran sungai Komering. Ada beberapa hikayat yang ikut menyebut bahwa Suku Komering masih memiliki hubungan dengan suku  Batak.


5. Suku Ogan


Suku Ogan merupakan suku yang menempati aliran Sungai Ogan.  Suku Ogan berada di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Ogan Komering Ilir. Suku Ogan kerap disebut dengan Orang Pegagan.


6. Suku Pasemah


Suku Pasemah merupakan suku yang memiliki karakteristik merantau. Meski pada dasarnya suku ini berada di sekitaran Gunung Dempo, namun ada beberapa juga yang merantau hingga ke Provinsi Bengkulu. Suku ini disebut masih memiliki keturunan dengan Raja Majapahit.


7. Suku Sekayu


Suku Sekayu seringkali di sebut Anak Sungai. Bukan tanpa alasan, Karena Suku Sekayu tinggal di rumah yang berada di aliran Sungai Musi. Suku ini pula memiliki sifat enggan merantau sehingga sebarannya pun tidak luas dan hanya menyebar disekitaran Kabupaten Banyuasin.


8. Suku Rawas


Merupakan suku yang berada di sekitaran aliran sungai Musi dan Sungai Rawas. Bahasa Rawas yang digunakan suku ini masih masuk dalam rumpun Melayu.


Itu saja beberapa suku di Sumatera Selatan, memang masih banyak suku lain yang belum masuk karena memang bila dijelaskan semuanya mungkin tidak akan habis karena keberagaman suku yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.


EmoticonEmoticon