2021/11/25

Kabar Baik, UMK Palembang Tahun 2022 Kini Naik Sebesar

Kabar baik untuk para pekerja di kota palembang, dilansir dari idntimes.com (251/11/2021), Upah Minimum Kota (UMK) Palembang tahun 2022 di usulkan naik Rp.19.000,- atau bertambah sekitar 0,53% daru UMK tahun sebelumnya. namun kenaikan tersebut masih menunggu pengesahan dari Harnojoyo selaku Wali Kota dan Herman Deru selaku Gubernur Sumatera Selatan.



Anggota Dewan Pengupahan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Palembang, Ali mengatakan "UMK Palembang naik sekitar Rp. 19.400 sekiansesuai formula perhitungan rumus dan data yang dipakai dari Badan Pusat Statistika (BPS)."


Penetapan kenaikan UMK Palembang berdasarkan kalkulasi dari perhitungan Peraturan Pemerintah nomor 36 tahun 2021 tentang pengupahan. Setiap kota mendapati hasil UMK berbeda-beda sesuai kebutuhan rumah tangga atau ARK perkapita.


Jumlah UMK Palembang yang naik dan UMP sumsel yang tetap, dipengaruhi dari data perhitungan pembagian perkapita berbeda-beda. perhitungan UMK Palembang berdasarkan pembagian empat orang dalam satu rumah yang dianggap bekerja semua.


Penambahan persentase kenaikan UMK baru ditahap pengusulan dan belum ditetapkan atau disahkan oleh pemerintah daerah.


"angka ini sudah sesuai rumus pertumbuhan ekonomi dan inflasi daerah. nominal UMK ini kesepakatannya nanti harus direkomendasi ke wali kota palembang. nanti wali kota langsung merekomendasi ke Gubernur dan diturunkan menjadi surat keputusan."


Wakil wali kota palembang, Fitrianti Agustinda merespon soal angka kenaikan UMK, menyebutkan jika pemerintah kota akan berpihak dengan buruh untuk mensejahterakan perja demi visi misi palembang darussalam segera tercapai.


"Pemerintah berpihak dengan buruh, tentu kesejahteraan menjadi tanggungjawab pemerintah kota. palembang yang maju harus diiringi kesejahteraan masyarakat. kami bertekad para buruh mendapatkan haknya dengan baik," ujarnya.


EmoticonEmoticon