2021/11/18

Kantor Disdukcapil Palembang Kebakaran, Bagaimana Nasib Data Kependudukan Warga?

Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, terbakar pada Rabu (17/11/2021). Kepala Disdukcapil Palembang, Dewi Isnaini mengatakan "Backup data itu semuanya ada di server pusat. Mudah-mudahan tidak ada apa-apa."



Lokasi kebakaran berada dilantai 2 ruang server. Para pegawai dan Petugas keamanan dikantor berusahaan memadamkan api dengan APAR (alat pemadam api ringan). hanya saja api cepat menyambar hingga akhirnya kebakaran semakin membesar.


"Saya hanya mendengar pegawai meminta saya turun, Bu turun-turun, ada ledakan"


"Sumbernya dari mana, kita enggak tahu,karena kami berusaha turun dulu dari lantai 3. Saat itu sedang rapat. Ternyata ruang server yang meledak", ujar Dewi.



Suhu diruangan tersebut selalu dijaga agar komputer yang ada di dalam tetap dalam kondisi aman dan selalu dirawat. namun, belum bisa dipastikan penyebab terjadinya ledakan tersebut.


"Saya tidak bisa menyimpulkan, karena tidakmelihat, hanya saja ada suara ledakan di ruang server. Kalau data memang di server, tapi semuanya sudah terpusat", ujar Dewi



Kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa, hanya saja ruang server yang berada dilantai satu kantor Disdukcapil Palembang hangus terbakar. Untuk sementara pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang dipindahkan sementara ke Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jakabaring atau UPTD Capil kecamatan.


EmoticonEmoticon